Persiapan Melakukan Meditasi – Banyak alasan bagi orang yang terdorong melakukan meditasi baik latihan maupun secara rutin. Mulai dari mulai ingin fokus terhadap sesuatu, ingin menenangkan masalah (percakapan batin) mengenal diri sendiri lebih dalam, mengendalikan emosi, mencari ketenangan, menikmati masa-masa sendiri yang nyaman atau ingin fokus terhadapa ajaran tertentu. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana untuk melakukan meditasi dengan tepat, bagaimana persiapan yang baik sebelum meditasi dengan penuh kenyamanan. Tiba pada judul di atas “Bagaimana Persiapan Sebelum Melakukan Meditasi”?

 

1. Menentukan arah meditasi

persiapan meditasiPenenntuan arah meditasi adalah langkah awal yang harus di ambil. Karena banyak sekali orang melakukan meditasi dengan berbagai alasan ada yang ingin fokus terhadapa sesuatu, ketenangan, mengembangkan kemampuan diri lebih kreatif, mengenanl diri dengan tehnik percakapan batin, memvisualisasikan diri atau membangun diri ke arah hubungan spiritual. Namun, janganlah mencari alasan yang rumit jika bermeditasi Anda merupakan bertujuan hanya menyadari eksistensi secara fisik hanya beberapa menit tanpa adanya gangguan maupun hambatan segala urusan alasan ini sudah tepat untuk memulai meditasi dengan baik. Prinsip dasar dari meditasi adalah memberikan relaksasi dan mengatasi kecemasan yang di akibatkan kehidupan sehari-hari.

2. Penentuan tempat untuk meditasi

Mencari tempat yang menurut paling tenang untuk bermeditasi. Adapun jika Anda belum pernah melakukan meditasi sama sekali maka carilah tempat yang benar-benar aman dan terbebas dari gangguan supaya perhatian Anda tidak teralih selain konsentrasi meditasi. Matikan radio dan TV, matikan segala sesuatu yang sekiranya mengganggu konsentrasi Anda, tutuplah jendela agar tidak terganggu suara luar, tutup juga pintu agar  tidak terganggu bising suara ruangan lain. Dan akan sulit sekali apabila Ada anggota keluarga dan teman didalam rumah, untuk itu tanyakan dan minta tolong kepada mereka untuk menjaga ketenangan selama diri Anda bermeditasi, setelah meditasi Anda selesai maka persilakan mereka untuk melanjutkan aktifitas mereka seperti  biasa.

Menyalakan lilin dan wewangian tertentu akan lebih efektif. Selain itu akan lebih efektif lagi jika ruangan Anda untuk meditasi ada karangan bunganya, selain itu membakar dupa juga akan memberikan efek positif bagi proses meditasi.

Usahakan lampu tempat meditasi dalam keadaan mati hal ini bertujuan untuk menjaga konsentrasi Anda.

 

3. Menggunakan alas duduk

persiapan melakukan meditasiZafu, nama lain alas duduk ini yaitu bantal berbentuk bundar yang biasanya digunakan alas duduk di lantai untuk proses meditasi.  Benda ini tidak seperti kursi, karena hanya dibuat sebagai alas saja tidak ada sandarannya. Ini bertujuan untuk Anda agar ketika meditasi tidak membungkuk dan kehilangan energi. Apabila tidak ada zafu maka gunakanlah alas empuk yang lain seperti bantal sofa atau alas empuk lain yang pada intinya Anda tidak merasa pegal ketika proses duduk tegak dan bersila.

Apabila punggung terasa sakit ketika meditasi maka sebaiknya Anda melakukan meditasi di atas kursi. Berusaha konsentrasi menyedari keberadaaan Anda secara fisik dan menjaga sebaik mungkin agar punggung Anda tidak bungkuk senyaman mungkin. Kemudian berbaringlah sejenak sampai Anda bisa duduk kembali.

 

4. Pakaian yang nyaman

Mengenakan pakaian yang nyaman akan lebih baik dalam proses meditasi. Intinya pikiran Anda jangan teralihkan apa pun ketika meditasi, jangan menggunakan pakaian yang sekiranya menggangu pikiran Anda, semisal ketika proses meditatif Anda menggunakan celana jean, model slim ketat yang tidak melar. Gunakanlah pakaian yang biasanya Anda gunakan olahraga atau istirhata malam, karena pemilihan pakaian yang longgar dan nyaman merupakan pilihan terbaik.

 

5. Melakukan meditasi pada saat merasa nyaman

persiapan meditasiIni adalah bagaimana cara Anda mengukur mood. Karena untuk melakukan meditasi harus dalam keadaaan merasa nyaman. Setelah Anda terbiasa melakukan meditasi maka Anda akan bisa menggunakan meditasi sebagai tehnik menenangkan diri jika dalam keadaan galau, cemas atau tertekan. Akan ada sedikit hambatan jika Anda merupakan pemula, karena akan sangat sulit berkonsentrasi dan belum memiliki kerangka berfikir dengan benar. Dalam keadaaan rileks merupakan anjuran memulai meditasi bagi pemula. Biasanya keadaan ini terjadi ketika Anda bangun tidur pagi hari atau bisa Anda lakukan ketika istirahat sekolah atau sepulang dari kantor.

Pikirkanlah sesuatu yang kemungkian mengganggu pikrian Anda terlebih dahulu dengan cara berfikir sejenak dengan cara memikirkannya sambil makan cemilan jika dalam keadaan lapar atau lakukan apa pun yang skiranya Anda mudah memikirkan hal mengganggun itu.

 

6. Mempersiapkan waktu

persiapan meditasi

Pasanglah waktu sesuai yang Anda tentukan, semisal 10 menit atau 1 jam. Hal ini cukup mudah untuk dilakukan karena hampir semua ponsel mempunyai fitur tersebut.

Semoga apa yang kami tuliskan tersebut bermanfaat bagi Anda, berbagi dengan sesama merupakan manfaat yang tiada tara, untuk itu mari kita belajar dan belajar agar menuju keberhasilan sesuai yang kita harapkan khususnya berkaitan dengan meditasi.

364 total views, 3 views today