memahami dasar meditasiMemahami Dasar-Dasar Meditasi – Setiap melakukan apapun pasti ada dasarnya, baik hukum negara, agama, melakukan aktivitas keseharian. Semua itu pasti ada sesuatu hal yang mendasar, karena apapun itu tanpa dasar dan tujuan pasti tidak ada gunanya. Lebih jelasnya lagi adalah dasar itu sebagi pemicu utama seseorang melakukan sesuatu, bisa dikatakan lagi dengan pengertian “sebab dari”. Bukan hal luas itu yang kami maksud, namun pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai Dasar-Dasar Penting Meditasi” itu dengan benar, jelas dan teliti. Mari kita pahami hal tersebut di bawah ini.

Apa Saja Yang Dimaksud Dengan Dasar-Dasar Meditasi

Sebenarnya semua yang berbau meditasi ini adalah sebuah sistem pikiran yang kemudian di ubah sesuai cara dan kebutuhan masyarakat pada saat ini, terutama dalam kehidupan berumah tangga. Sistem seperti ini kemudian di telusuri, di ubah dan di terapkan agar seimbang dan sempurna terhadap pikiran manusia, serta bebas terhadap pengaruh-pengaruh keinginan dalam kehidupan ini. Kemudian praktik aktivitas ini membersihkan dan mengatur pola pikir dan dengan cara ini kemudian mengatur kelangsungan hidup kita sendiri. Setelah semua tujuan tercapai maka yang terjadi adalah keseimbangan pada diri, dan akan mencapai pada kesadaran yang lebih tinggi pada tujuan akhir hidup manusia.

Praktek meditasi

Pengertiannya adalah cara meditasi atau prakteknya dalam kaitan sistem ini akan memberikan perubahan-perubahan hidup manusia dengan alami, sudah barang tentu secara mudah. Tanpa ketegangan, perombakan luar diri atau suatu larangan yang yang dipaksakan dalam cara dan sistem ini, dengan tujuan tercapainya perubahan pada kehidupan manusia

Untuk Apa mengatur pikiran?

memahami meditasiPikiran atau akal manusia adalah sumber dari pemikiran, tingkah laku, tindakan selama berlangsungnya proses hidup. Kelangsungan ini dituntun oleh akal dan pada waktu itu kita semua tidak punya pilihan. Secara kasar kita dijadikan budak oleh akal pikiran kita sendiri. Kita terlalu terlena asal mengikuti apa yang ada dalam pikiran, kita menganggap akal terlalu kuat, hal inilah yang menjadikan kita lemah dan sengsara alam proses kehidupan. Ingat, akal hanyalah sebuah alat yang diberikan Tuhan kepada kita untuk tujuan tertentu.

Untuk itu kita harus membersihkan segala kotoran atau sifat negatif yang menuntun kita pada keinginan-keinginan kotor, kemudian bersihkan akal pikiran sehingga terciptalah keteraturan serta kebersihan akal kita.

Apa Tujuan kehidupan?

Untuk membahas hal ini sebenarnya tidak mudah, mengingat manusia selalu dalam proses hidupnya. Ada yang dari lahir dia memang berwatak baik sampai tua, ada yang sebaliknya, ada juga dari lahir baik tetapi ketika tua malah bersifat buruk begitu juga sebaliknya. Ada yang sepenuhnya menolak akan hakikat dirinya di dunia, seperti adanya EGO pada diri dan melupakan tujuan kehidupan kelak di akhirat dan hanya memikirkan kehidupan duniawi.

Ingat, tujuan hidup kita itu kembali pada Tuhan, menyatu denga-NYA, menjauhi segala yang menjauhkan diri terhadap-NYA. Untuk bisa mendapatkan atau menyatu dengan Tuhan hendaknya kita melihat diri kita sendiri lebih dalam, melihat segala sesuatu yang negatif pada diri kita baik ucapan, tindakan, sifat dan sebagainya hednaknya kita hilangkan dengan teknik meditasi. Hilangkan keinginan duniawi kita. Memusatkan satu titik, mengarahkan pada diri sendiri untuk menerangi jalan kita menuju Sang Khalik ada di hati kita.

Apa Peran Guru Terhadap Tingkat Spiritual Kita?

Kita tahu, bahwa guru dari dulu adalah sebagai pembimbing kita menuju pada keberhasilan. Guru adalah sebagai alat kita menuju pada tujuan kita. Ingat, setelah kita mempunyai pembimbing maka kita ikuti sesuai arahan dia, penulis harapkan harus yang sesuai dengan kriteria Anda.

Setelah mendapatkan guru bukan berarti langsung berhasil, namun proses memulai baru dimulai, dan ketika praktik diharapkan bersabar dan terus menerus lakukan. Jauhi ego, karena hal ini akan menjauhkan kita dengan Tuhan. Sekali lagi penulis harapkan untuk benar-benar memilih guru yang cakap dan mempunyai spiritual tingkat tinggi.

Bagaimana tolak ukur menilai kemanjuran sistem meditasi ini?

memahami meditasiWal mula yang bisa menilai dar kemanjuran meditasi adalah diri kita sendiri. Jika Anda melakukan meditasi dengan penuh semangat, terus menerus, setiap hari maka segala kotoran yang pada hati dan pikiran akan hilang. Sifat dengki, iri, dendam, ego, marah dan sebagainya akan hilang.

Setelah melakukan meditasi terus menerus maka Anda akan merasakan perubahan luar biasa pada diri Anda. Karena pola pikir, ucapan, tindakan akan berubah drastis menjadi lebih baik dan baik.

Ketika inilah orang sekitar akan berubah dan menilai yang istimewa pada diri Anda. Logikanya adalah orang yang baik akan mendapatkan respon yang baik juga terhadap yang disekitar.

Apa yang sungguh luar biasa atau unik tentang sistem ini yang membedakannya dari sistem-sistem lainnya ?

Sudah penulis singgung di atas, hal yang paling unik meditasi di antara sistem lain adalah bagaimana proses cleaning kotoran yang ada pada pikiran dan hati manusia. Selain itu juga mengganti dengan energi atau sifat positif sehingga akan merubah diri serta lingkungan. Tidak sampai disitu saja, meditasi akan merubah kita dan menjadikan diri kita pada titik tertinggi spiritual jiak dilakukan terus menerus sampai berhasil.

Itulah “Dasar-Dasar Meditasi” yang penulis terangkan, kuranng lebihnya mohon maaf. Niat kami hanya berbagi pengalaman dengan harapan bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

335 total views, 3 views today