meditasi untuk anakMeditasi Untuk Anak – Banyak yang berpendapat bahwa meditasi hanya diperuntukkan bagi orang dewasa saja. Ternyata hal ini tidak benar, menurut penelitian bahwa anak-anak juga membutuhkan meditasi. Namun apa yang dilakukan oleh anak-anak bermeditasinya berbeda dengan cara pertapa seperti yang umum dilakukan orang dewasa pada umumnya. Meditasi untuk anak cara cukup simpel, di mana si anak diberikan waktu sejenak untuk belajar, berkonsentrasi dan mengendalikan diri.

Anak juga mempunyai kesibukan seperti halnya orang dewasa, hanya saja orang dewasa mempunyai kesibukan yang berbeda dengan anak kecil, orang dewasa mungkin stres gara-gara urusan pekerjaan dan sebagainya. Kegiatan anak juga lumayan padat, di antaranya adalah sekolah, bermain, extra kulikuler, les dan sebagainya, hal inilah yang menjadikan anak juga bisa stres. Sudah pasti dalam keadaan ini anak butuh relaks sebagai istirahat sejenak untuk meregangkan otot dan pikrian yang mumet.

Salah satu cara untuk mengurangi hal ini adalah dengan cara meditasi. Karena menurut peneliti bahwa  meditasi mengurangi rasa cemas yang disebabkan pelajaran sekolah, menjadikan anak-anak bisa menjalin hubungan pertemanan yang sehat, selain itu juga mengontrol emosi atau kemampuan mengelola amarah.

Untuk anak-anak teknik meditasinya ada beberapa macam, namun yang lebih efektif adalah dengan dua hal, yaitu dengan sentuhan dan pendengaran.

Teknik meditasi dengan mendengar

Manfaat meditasi ini adalah :

  1. Melatih kemampuan mendengar, manfaatnya adalah supaya lebih fokus.
  2. Untuk melatih mindfull awareness.

Caranya adalah :

Ajak dan suruh anak untuk bernafas sambil memperhatikan dan menyadari nafasnya sendiri. Ajak mereka berandai seperti melihat dan merasakan balon yang mengendor dan mengempis, lakukan ini sambil berbaring atau duduk.

Seorang guru meditasi berasal dari Australia yang bernama Julie Bond-Rowe menggunakan teknik kepada anak dengan cara menghirup serbuk peri ajaib, dengan cara ini ajaklah meeka merasakan kalau menghirup serbuk peri tubuh mereka terasa nyaman. Teknik ini bisa Anda lalukan kepada anak selama beberapa menit, setelah itu baru menggunakan teknik dengan suara bel meditasi, atau musik suara burung dan jenis musik lain ketika bermeditasi.

Teknik meditasi dengan menyentuh

Manfaat meditasi ini adalah :

  1. Menjadikan anak lebih kalem dan fokus
  2. Membantu mengeluarkan sisa energi dan sifat negatif

meditasi untuk anak

Caranya adalah :

Ajaklah mereka menyentuh sendiri tekstur kulit mereka sendiri pada tangan atau wajah atau suatu benda lain seperti buah pisang dan sebagainya yang sekiranya bisa dijangkau. Bisa juga ajak mereka untuk merasakan setiap keluar masuknya udara pada lubang hidung mereka.

Trik jitu tersebut dilakukan oleh Lei Sadakari, seorang trainer senior Rainbow Kids yoga kepada anak usia 3 – 5 tahun.

Coba mintalah anak berbaring sambil memejamkan mata, rileks, putarkan musik yang tenang, lalu tempelkan pisang, batu atau benda di atas kening mereka. Rangsanglah pikiran mereka bahwa batu tersebut adalah batu spesial yang diperuntukkan untuk  anak yang spesial. Minta juga kepada anak untuk menggambarkan apa yang ia rasakan ketika batu itu bersentuhan di atas kening. Hal inilah yang menjadikan mereka mampu fokus dan mudah berkonsentrasi.

362 total views, 2 views today